Rabu, 14 Juli 2010

PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mempunyai pengertian dari dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi mempunyai pengertian luas meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manupulasi, dan pengelolaan informasi.

Teknologi informasi dan komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan dan mengandung pengertian luas tentang segala aspek yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, penglolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media mengunakan teknologi tertentu.

A. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi informasi dan komunikasi memiliki peran yang sangat besar dalam kehidupan manusia pada saat ini. Bisa di katakan semua kegiatan manusia di tentukan oleh keberadaan teknologi ini. Saat ini TIK menempati peran sentral. Isu globalisasi, semakin cepat meluas keseluruh penjuru dunia karena fasilitas TIK. Apa saja yang terjadi di berbagai bagian di planet ini menjadi semakin cepat tersebar dan mudah diketahui dengan memanfaatkan TIK. Semua ini menjadikan TIK sebagai agen perubahan yang mengubah tatanan sosial kehidupan manusia keseluruh dunia.

Selain memberikan manfaat atau keuntungan bagi umat manusia, TIK juga memberikan dampak negatif atau kerugian bagi kita, Apa sajakah keuntungan dan kerugian dari penggunaan TIK dalam kehidupan sehari-hari kita ? Berikut ini peran teknologi informasi dan komunikasi.

1. Di Bidang Komunikasi
Peran peralatan TIK di bidang telekomunikasi adalah memberi kemudahan pada manusia berkomunikasi tanpa mengenal batas dan waktu. Kemudahan itu di rasakan dalam bentuk komunikasi antar produk dunia yang sangat cepat dan praktis. Banyak contoh dapat kita sebut, antara lain telephon, corded phon, cordless, dan HP (cellular phone/mobile phone), dan lain-lain.

2. Di Bidang Informasi
Peralatan penyedia informasi memberikan kemudahan pada kita untuk menyajikan atau menyampaikan informasi kepada orang lain. Mulai dari yang sederhana, misalnya, menyajikan gambar, sampai yang canggih dengan menyediakan website di internet. Dari website (situs web) orang yang membutuhkan informasi kita dapat membukanya, bahkan dapat mengambilnya (mendownload atau mengkopi). Contoh lain peralatan yang memiliki peran dalam bidang penyajian informasi adalah tayangan komputer melalui LCD Projector, Stencil Duplicator, dan Overhead Projector.

3. Di Bidang Elektronika
Alat-alat TIK di bidang elektronika berperan memberi kemudahan pada manusia untuk menikmati sajian informasi, pembelajaran maupun hiburan, TV, radio, tipe recorder, cd player adalah contoh-contoh alat-alat elektronika yang hampir setiap rumah tangga memilikinya.


download dokumen disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar