Senin, 07 Juni 2010

Mengenal Borland Delphi 7.0

Borland Delphi 7.0 merupakan bahasa pemrograman berbasis windows. Dengan Delphi 7.0 kita dapat membuat berbagai macam aplikasi yang berjalan disistem operasi windows. Kita dapat membuat suatu program dari yang sederhana sampai program yang berbasis client/server atau jaringan. Semua dapat dibuat dengan Delphi 7.0.
Bahasa pemrograman Delphi merupakan pengembangan dari bahasa Pascal. Oleh karena itu, bagi kita yang telah memahami bahasa pemrograman Pascal, kita akan mudah cepat memahami pemrograman Delphi.
Beberapa elemen delphi yang dapat kita lihat sebagai berikut :

•Welcome Page
Adalah sebuah jendela awal yang diberikan informasi tentang program aplikasi yang kita buat.
Jendela IDE Delphi 7.0 mempunyai perangkat-perangkat yang dapat dipergunakan untuk memudahkan seorang programmer dalam membuat program. IDE Delphi 7.0 telah didesain sedemikian oleh Borland sehingga bersifat intuitif. Secara default, Borland telah mengatur perangkat-perangkat sedemikian rupa. meski demikian, kita dapat mengubah letak perangkat-perangkat tersebut.

• Menu Bar
Adalah fasilitas standar yang ada pada aplikasi windows.

• Speed Bar
Digunakan untuk menjalankan fungsi-fungsi dengan cepat dan mudah dari menu utama yang sering dipakai, seperti : New Item , Open, Save (Crlt + S), Save All (Shift + Crlt + S), Open Project (Crlt + F8), Add file to Project (Shift + F11), Remove File to Project, Help Contents, View Unit (Crlt + F12), View From (Shift + F12), Toggle From/Unit F12), New From, Run (F9), Pause, Trace Into(F7), Step Over (F8).

• Object Inspector
Dengan perangkat ini anda dapat mengubah properti dan event pada setiap object atau komponen. Object atau komponen yang satu dengan yang lain mempunyai properti dan event yang berbeda. Jika kita menempatkan sebuah komponen pada suatu Form, komponen tersebut akan berisi nilai default dari Delphi. Misalnya komponen TButton akan berisi nilai 25 dan 75 untuk properti Height dan width. Nilai-nilai properti tersebut dapat diubah kemudian. Baik pada saat perancangan interface program (design time) denggan menggunakan kode program.

• Component Pallete
Pada bidang ini terdapat semua bidang komponen yang merupakan bawaan dari Delphi 7.0, baik dari komponen visual maupun nonvisual. Komponen-komponen tersebut berguna untuk mendesain user interface (antarmuka pemakai) dari program yang sedang kita buat. Borland Delphi sendiri memungkinkan bagi kita untuk menambahkan komponen dari luar, baik yang kita buat sendiri atau pun komponen dari pihak ketiga (third party).

• Object Tree View
Menampilkan semua komponen dan object yang ada pada Form pada struktur pohon dan menggambarkan hubungan diantaranya.
Perangkat-perangkat yang ada secara default akan ditampilkan oleh Delphi 7.0. sebagian perangkat lainnya tidak ditampilkan. Meski demikian kita dapat memunculkannya dengan menggunakan menu View dan mengklik perangkat yang akan ditampilkan.

• Object From
Merupakan sebuah bidang jendela (windows) yang masih kosong. Pada bidang ini kita dapat menepatkan komponen-komponen visual dan nonvisual untuk mendesain user interface program. Ketika kita menjalankan Borland Delphi 7.0, secara otomatis form Designer akan memanggil sebuah form bernama Form1.

• Object Editor
Pada bidang ini kita dapat menuliskan kode-kode program dan logika program dalam bahasa Delphi untuk mengatur jalannya program. Antara Form Designer dan Code Editor merupakan dua bagian yang berkaitan. Kita tidak bisa mendesain user interface pada Form Desingner dengan melupakan penulisan kode program pada bagian Code Editor.



== Komponen Dasar ==

Komponen dasar yang dimaksud disini adalah komponen yang umum dan yang sering digunakan dalam pembuatan sebuah aplikasi. Komponen tersebut diantaranya Button, Label, Edit, MainMenu, PopupMenu, Memo, dan lain-lain.

• TButton
TButton berada pada Standard Component Pallete. Kita dapat menggunakan TButton untuk menangani aksi-aksi dalam suatu kotak dialog. Misalnya tombol OK atau Cancel pada sebuah kotak dialog.

• TLabel
Komponen ini berada Standard Component Pallete. Komponen ini digunakan untuk menampilkan tulisan pada form dimana user tidak dapat mengubahnya.

• TEdit
Komponen ini berada di tab Standard Component Pallete. Digunakan untuk menampilkan tulisan atau menerima masukan tulisan yang hanya satu baris.

• TRadioGroup
Komponen ini berada di tab Standard Component Pallete. Berisikan komponen RadioButtom. Memberikan alternative kepada user untuk memilih satu pilihan yang ada.

• TDriveComboBox
Digunakan untuk memungkinkan seorang user untuk memilih drive yang ada pada komputer.

• TDirectoryListBox
Digunakan untuk memungkinkan seorang user untuk memilih direktori yang ada pada komputer.

• TFileListBox
Digunakan untuk menampilkan seluruh file yang ada pada direktori yang ditentukan oleh TDirectoryBox.

• TMainMenu
Komponen TMainMenu berada di Component Pallete tab Standard. TmainMenu merupakan suatu perangkat untuk membuat menu utama pada sebuah form secara mudah.

• TPopupMenu
Komponen yang dapat diambil di tab Standard Component Pallete. Fungsinya untuk membuat menu pop-up saat user mengklik kanan pada suatu komponen-komponen akan terdapat properti PopMenu.

• TTimer
Komponen ini berada di tab System pada Component Pallete. TTimer digunakan jika pada aplikasi menggunakan system pewaktuan.

• TMemo
Komponen ini berada di tab Standard pada Component Pallete. Digunakan untu menampilkan dan memasukan teks yang panjang dalam banyak baris.

• TPanel
Komponen ini berada di tab Standard pada Component Pallete. Digunakan untuk mengelompokkan beberapa komponen menjadi satu.


== Tipe Data ==


Tipe data adalah nama suatu jenis data. Ketika dideklarasikan sebuah variabel, kita harus menentukan tipenya. Tipe tersebut menentukan nilai yang bisa ditangan oleh variabel serta operasi yang dapat dikerjakan terhadapnya.
Sebagai bahasa yang “strongly typed”, Delphi membedakan beragam data yang ada. Sehingga anda harus bisa memperhatikan penggunaan tipe data dalam program. Jika kita mendeklarasikan suatu variabel pada program kita, tentunya kita juga harus menyertakan tipe data dari variabel tersebut yang menentukan nilai variabel yang dapat ditangan dan operasi yang dapat dilakukan.
Borland Delphi 7.0 menyediakan banyak tipe data. Sebagian diantaranya yang umum yang sering digunakan seperti diperlihatkan pada tabel dibwah ini.
Tipe Data Jangkauan Keterangan
integer -2147483648..2147483647 Signed 32-bit
Cardinal 0..4294967295 Unsigned 32-bit
Shortint -128..127 Signed 8-bit
Smallint -32768..32767 Signed 16-bit
Longint -2147483648..2147483647 Signed 32-bit
Int64 -2^63..2^63-1 Signed 64-bit
Byte 0..255 Unsigned 8-bit
Word 0..65535 Unsigned 16-bit
Longword 0..4294967295 Unsigned 32-bit
Boolean True atau False -
Single 1.5 x 10^-45..3.4 x 10^38 -
Double 5.0 x 10^-324..1.7 x 10^308 -
String - -
Char - -


== Variabel ==

Variabel adalah identifier yang nilainya dapat diubah pada saat aplikasi dijalankan. Variabel merupakan nama untuk sebuah alokasi dimemori; adalah identifier yang nilainya dapat diubah pada saat aplikasi kita dapat menggunakan nama itu untuk menulis atau membaca ke alokasi di memori. Variabel mirip dengan wadah bagi data dan karena memiliki tipe, maka variabel itu yang memberitahu kompiler bagaimana menginterpretasikan data yang dikandungnya.
Konstanta
Konstanta adalah identifier yang nilainya telah ditentukan. Ada kostanta numerik misalnya 3,14, konstanta string misalnya ’Wahana Komputer’ dan sebagainya. Seperti juga variabel, konstanta dapat dibuat sendiri mendeklarasikannya.

Keistimewaan Borland Delphi 7.0

Borland Delphi 7.0 merupakan pilihan bagi sebagian kalangan programmer untuk membuat aplikasi. Hal ini disebabkan kelebihan yang ada pada Borland Delphi 7.0. Berikut ini sebagian kecil dari banyak kelebihan Borland Delphi 7.0 :
  • Berbasis object oriented programming. Setiap bagian yang ada pada program dipandang sebagai suatu object yang mempunyai sifat-sifat yang dapat diubah dan diatur.
  • Satu file EXE. Setelah anda merancang program dalam IDE Delphi, Delphi akan mengkompilasinya menjadi sebuah file executable tunggal. Program yang anda buat dapat langsung didistribusikan dan dijalankan pada computer lain tanpa menyertakan file DLL dari luar. Ini merupakan sebuah kelebihan yang sangat berarti.
Borland Delphi 7.0 hadir bersama borlan kylix 3 yang berbasis linux, sehingga memungkinkan anda untuk membuat aplikasi multi-platform.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar